Didalam marketing, kegiatan seperti pemasaran, promosi merupakan makanan sehari-hari, namun jika itu dilakukan secara asal-asalan, hanya akan menghabiskan biaya dan waktu. Sedangkan dana didalam perusahaan tidak melulu hanya berbicara terkait marketing dan semacamnya. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang berupaya sehemat mungkin untuk didalam melakukan promosi.
Diantaranya yang paling dasar dikenal dengan marketing mix yang merupakan kombinasi dari variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistrem pemasaran yaitu:
- Produk
- Promosi
- Harga
- Distribusi
Jika diterjemahkan didalam bahasa inggris dikenal dengan 4P.
Product (Produk)
“Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan”.Produk tidak hanya selalu berupa barang tetapi bisa juga berupa jasa ataupun gabungan dari keduanya (barang dan jasa).
Price (Harga)
“Jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya”.Setelah produk yang diproduksi siap untuk dipasarkan, maka perusahaan akan menentukan harga dari produk tersebut.
Place (Tempat)
“Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai”
Promotion (Promosi)
___
Untuk saat ini Marketing Mix 4P ini sudah bertambah menjadi 7P dan bahkan kedepannya akan bertambah lagi
No comments:
Post a Comment